head-content'/> GERAKAN MASYARAKAT MAGHRIB MENGAJI ~ Agam Media Center
Terima Kasih Anda Sudah Mengunjungi Website AGAM MEDIA CENTER [AMC] Milik Pemda Kab. Agam | Kritik, Informasi Dan Saran Sangat Kami Harapkan | silahkan kirim email ke : agam.mediacenter@gmail.com

Selasa, 20 September 2011

GERAKAN MASYARAKAT MAGHRIB MENGAJI


Implementasi Perda Kabupaten Agam Nomor 5 Tahun 2005 tentang wajib pandai tulis baca al quran serta Perda Kabupaten nomor 6 tahun 2005 tentang pakaian busana muslim, lebih dipertajam lagi dengan pengaplikasian program Maghrib Mengaji.

Bila kita amati kualitas kehidupan keberagaman masyarakat di kampung-kampung dan jorong-jorong dewasa ini maka kita akan sangat merindukan pola-pola lama yang telah berhasil menghantarkan tokoh-tokoh cendekiawan Muslim seperti Buya HAMKA, H. Agus Salim dan lain sebagainya menjadi pribadi-pribadi tangguh yang selama ini kita kenal.

Hal tersebut bertolak belakang dengan gaya dan pola hidup masyarakat di kampong-kampung saat ini; seruan azan sudah mulai jarang dikumandangkan, Masjid-Masjid dan majelis taklim lengang jamaah, setiap selesai Maghrib jarang pula kita dengar lantunan bacaan ayat-ayat suci Al Qur`an dari rumah-rumah kaum Muslimin.

Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji atau yang lebih dikenal dengan GEMMAR Mengaji merupakan program nasional Kementerian Agama Republik Indonesia yang dicanangkan di tiap Propinsi dan Kabupaten / Kota se Indonesia, namun bagi kita di Kabupaten Agam ini sudah menjadi akar budaya bagi masyarakat semenjak dahulu kala. Namun akhir-akhir ini mengaji sudah mulai ditinggalkan, masjid-Masjid terkadang kosong, tak ada lagi aktifitas pengajian. Umat lebih asyik di depan televisi daripada mengaji itu sendiri

Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji adalah sebuah program untuk membiasakan masyarakat membaca Al Qur`an atau mengaji setelah selesai shalat Maghrib daripada masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya di depan televisi di waktu Maghrib sehingga terlupa akan waktu Maghrib yang sangat singkat.

Diharapkan kepada seluruh komponen masyarakat untuk menggalakkan Gerakan Masyarakat Maghrib Mengaji ini di wilayahnya masing-masing sehingga Gerakan yang telah dicanangkankan ini dapat dilaksanakan oleh masyarakat untuk seterusnya.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites